Rabu, 01 April 2015

Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Anda sebaiknya membaca CARA DOWNLOAD EBOOK agar tidak kesulitan dalam mendownload Ebook Teknisi Komputer di Blog ini !

Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Yang Baik

Tips Ampuh Cara Merawat Baterai Laptop

  1. Laptop Baru Jangan Langsung Digunakan

  2. Jika Anda baru saja membeli laptop baru semua baterainya tentu masih dalam keadaan kosong. Jangan langsung menggunakan laptop untuk kerja ataupun untuk main game. Matikan laptop dan charge selama antara 4-8 jam hingga lampu indikator menunjukkan Full Charge.

  3. Ketika Laptop Sedang Digunakan Jangan Di Charge

  4. Lepaskan baterai laptop dan gunakan listrik langsung bila Anda tidak sedang presentasi namun sedang bekerja rutin dengan laptop dikantor ataupun dirumah. Jika baterai terpasang, dan charge juga terpasang dalam banyak kasus bisa menyebabkan kebocoran pada baterai.

  5. Jadwalkan Pemakaian Laptop Anda

  6. Pastikan untuk mengkonfigurasikan pengaturan baterai Anda denga tepat. Aturlah waktu sleep laptop biar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan. Tentukan waktu ini sesingkat mungkin untuk memkasimalkan usia ataupun masa pakai baterai.

  7. Nonaktifkan Fitur Yang Tidak Dipakai

  8. Nonaktifkan Bluetooth serta Wifi ketika tidak diperlukan. Ketika sedang menonton film, ataupun mengetik dokumen tentu Anda tidak perlu Online dan segera nonaktifkan perangkat nirkabel. Hal tersebut akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan juga Wifi adalah mengirim serta menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini akan menguras daya baterai. Apalagi jika kedua fitur ini diaktifkan secara bersamaan dan tidak ada signal.

  9. Kurangi Pencahayaan Pada Layar

  10. Kurangi menggunakan layar terlalu terang. Pencahayaan layar yang terlalu terang akan membuat tulisan terlihat lebih jelas, namun mengkonfigurasi layar terlalu terang tentu akan membutuhkan banyak daya.

  11. Nonaktifkan Screen Saver Layar

  12. Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk pencegahan terhadap layar agar tidak terbakar, screen saver mengkonsumsi daya yang jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video serta layar digunakan juga. Hal ini sama juga dengan menonton video pada laptop.

  13. Lepaskan Semua Perangkat Eksternal Yang Tidak Digunakan

  14. Selain menonaktifkan Bluetooth dan perangkat nirkabel, lepas juga setiap perangkat ekstenal ketika tidak diperlukan. Sebuah USB atau juga Mouse nirkabel, kemudian memory stick USB, harddisk eksternal ataupun kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas. Anda pun harus paham, semua perangkat tersebut menggunakan daya dari laptop.

  15. Tutup Semua Program Yang Tidak Digunakan

  16. Periksa juga program startup dan program aktif serta menutup program yang tidak perlu. Program startup yang terlalu banyak juga akan menyebabkan baterai laptop loading lama. Dan hal ini akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk.

  17. Gunakan Selalu Headset Ketika Mendengarkan Musik

  18. Jika ingin mendengarkan musik, gunakanlah headseat dan bukan speaker. Karena speaker laptop kecil jadi kalaupun volume musik sudah maksimal namun suara belum maksimal untuk didengar oleh telinga. Bila volume dinaikkan maka penggunaan daya juga akan bertambah besar.

  19. Update BIOS dan Driver Anda Secara Berkala

  20. Produsen komputer melakukan perbaikan software mereka sepanjang waktu untuk memperbaiki cara hardware digunakan. Memperbarui BIOS akan memastikan bahwa Anda telah mempunyai versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi. Hal yang sama berlaku juga untuk driver perangkat keras, termasuk juga mode penghematan daya hardware.

**PENTING: Jangan asal update BIOS jika Anda belum tau caranya. Jika terjadi kesalahan maka laptop Anda tidak akan berfungsi atau tidak bisa diperbaiki kecuali dibawa ke dealernya. Saran kami silahkan download ebook panduan mastering BIOS ini.

Demikian tips ampuh cara merawat baterai laptop agar tetap awet sampai buyutan hehehe.

 

Harga Lenovo

Harga Android

Harga BlackBerry