Sabtu, 09 Mei 2015

11 Cara Mengatasi Komputer Lemot

Anda sebaiknya membaca CARA DOWNLOAD EBOOK agar tidak kesulitan dalam mendownload Ebook Teknisi Komputer di Blog ini !

Tips Lengkap Cara Mengatasi Komputer Lemot /Lambat

Computer lemot atau computer yang kemampuannya lambat adalah permasalahan yang bisa mengganggu pekerjaan kita yang bergantung dengan computer. Baik untuk kerjakan pekerjaan sekolah maupun pekerjaan dari kantor.
Permasalahan computer lemot kerap berlangsung mengingat beberapa hal yang dapat jadi pemicunya. Jadi, baiknya lakukan perawatan yang teratur.
Cara Mengatasi Komputer Lemot

Tersebut pemicu serta langkah menangani computer lemot …

1. Booting Windows lama


Dari mulai menghimpit tombol power hingga tampak desktop serta aplikasi startup ter-load prima pada computer anda, apakah merasa lama? Bila merasa lama dapat mulai lakukan penyusunan pada ‘System Configuration’.

  1. Masuk ke ‘System Configuration’ dengan mengetikkan “msconfig” pada kolom ‘Run’.
  2. Kerjakan setting pada tab ‘Boot’ dengan memaksimalkan jumlah processor di ‘Boot Advanced Options’.
  3. Menghilangkan Startup yg tidak utama atau aplikasi yang tidak mau segera jalan saat konmputer dinyalakan lewat cara menyingkirkan sinyal ceklis pada daftar aplikasi di tab ‘Startup’.
  4. Seleksi ‘Service’ yang jalan, mana yang dibutuhkan serta mana yg tidak pada tab ‘Service’.

2. Menangani computer lemot dengan meniadakan ‘Junk File’ yang menumpuk


Junk file yang menumpuk, penuhi kemampuan harddisk serta mungkin saja pemicu computer lemot.
Untuk membersihkannya dapat dengan tool ‘Windows Clean up’. Buka tool ‘Windows Disk Clean up’ dengan masuk ke ‘Properties’ partisi harddisk serta klik ‘Disk Cleanup’. Sesudah jendela baru nampak dengan daftar file-file yang bakal dihapus klik ‘OK’ untuk menghapusnya.
Terkecuali tool ‘Windows Disk Cleanup’, anda dapat pula memakai softwaare lain seperti Ccleaner

3. Me-repair Registry Error


Registry error juga adalah salah satu pemicu computer lambat/lemot. Registry error mungkin dikarenakan oleh sistem install-uninstall software yg tidak prima.
Untuk membersihkannya dapat dengan software ‘Auslogic Registry Cleaner’. Download AuslogicsRegistry Cleaner segera di situs resminya, Auslogics. com.
Langkah memakainya gampang..

  1. Tutup seluruhnya program yang tengah jalan,
  2. Lakukan Auslogics Registry Cleaner,
  3. Seleksi dengan ceklis daftar registry dari program mana saja,
  4. Klik ‘Scan’ lantas ‘Repair’.

4. Defragmentasi harddisk


Lakukan ‘defragmentasi harddisk’ juga adalah salah satu langkah menangani computer lemot. Bila anda pernah alami buka file atau program merasa lama, mungkin saja program atau file itu sudah terfragment dalam harddisk. File-file itu sudah teracak, tak tersusun rapi lantaran sistem meng-edit, memindah, men-delete hingga ‘head harddisk’ membutuhkan saat lebih lama untuk menemukannya.
Kerjakan defragmentasi dengan tool bawaan Windows, ‘Disk Defragmenter’. Untuk buka tool itu sama dengan ‘Disk Cleanup’, …

  1. Masuk ke ‘Properties’ pada salah satu partisi harddisk yang bakal didefragmentasi dengan klik kanan, tentukan ‘Properties’.
  2. Tentukan tab ‘Tools’ di bagian atas,
  3. Sesudah nampak tools ‘Disk Defragmenter’ tentukan partisi yang bakal di-defragment, kerjakan ‘Analyze’ dahulu lalu ‘Defragment Disk’.

Atau dapat dengan software Auslogics Disk Defragmenter, saksikan langkahnya pada tulisan “Cara defragmentasi harddisk”.

5. Meminimalisir Visual Effect


Bila computer anda memiliki spesifikasi yang pas-pasan dapat meminimalisir visual effect System Operasi. Ini bakal memaksimalkan kemampuan computer.

  • Untuk mengerjakannya, klik kanan ‘Computer’, tentukan ‘Properties’, tentukan ‘Advanced Sistem Settings,
  • Pada jendela ‘System Properties’ yang nampak tentukan tab ‘Advanced’ lalu ‘Visual Effects’ pada ‘Perfomance Options’,
  • Pada daftar yang nampak, menghilangkan dampak yang akan tidak diikutkan dengan menyingkirkan ceklisnya bila anda tentukan langkah ‘Custom’,
  • Atau bila mau segera tentukan ‘Adjust for Best Perfomance’. Apply penyusunannya lantas OK.

6. Hapus Virus, Malware, Adware, dll


Virus yang menginfeksi dapat mengonsumsi sumber daya di computer hingga menaikkan beban kemampuan computer serta pada akhirnya bikin computer lemot/lambat.
Untuk mengatasinya instal program antivirus terpercaya. Bila pada awal mulanya telah dipasang kerjakanlah up-date hingga antivirus bisa mengetahui virus teranyar serta tingkatkan kemampuannya membasmi virus.
Kerjakan scanning pada semua isi computer, pada partisi system operasi, partisi data yang disimpan, dan lain-lain.
Waktu virus telah terlanjur menjangkit system yang mengakibatkan file system corrupt atau bahkan juga hilang, betul-betul dapat bikin kemampuan computer alami penurunan kecepatannya. Yang perlu dikerjakan untuk memperbaikinya yaitu dengan lakukan instal lagi operating system.

7. Computer Kepanasan (Overheat)


Komponen didalam computer bisa bekerja maksimal dalam rentang suhu spesifik. Saat suhu telah melalui rentangnya (overheat), jadi bakal mengakibatkan computer lemot saat sebelum lalu betul-betul mati lantaran komponen elektronika di dalamnya terbakar.
Bersihkan fan/kipas CPU serta saluran hawa dalam computer dari debu serta kotoran yang melekat. Debu serta kotoran yang melekat pada fan/kipas memperlambat putarannya hingga aliran hawa terganggu. Demikian dengan juga saluran hawa, bila tersumbat debu serta kotoran, udara panas dari computer tak keluar serta hawa dari luar tak mengalir dengan baik.

8. Langkah menangani computer lemot dengan Uninstall Program tak utama


Teliti serta urut berdasar pada tanggal terpasangnya pada daftar program di ‘Control Panel’.

  • Saksikan adakah program yang terpasang tetapi telah lama tak dipakai? Saksikan juga adakah program yg tidak utama yang penuhi harddisk serta membebani computer? Seperti toolbar-toolbar browser serta software downloader dari situs portal downlad, apakah dibutuhkan? Toolbar yang terlalu berlebih dapat bikin browser jadi lambat.
  • Teliti juga file-file ‘font’ pada Windows, apakah anda terlalu berlebih dalam memasangnya?
  • Memakai software security yang banyak bukanlah langkah yang baik untuk melindungi computer. Yang ada, dapat mengakibatkan kemampuan computer melambat. Manfaatkanlah satu antivirus tetapi senantiasa rajin di up-date serta teratur lakukan scanning.
  • Kerjakan uninstall program yg tidak utama tsb juga sebagai langkah menangani computer lemot.

9. Software tidak cocok spesifikasi


Tak bijaknya dalam menempatkan software yang tidak cocok spesifikasi dapat mengakibatkan computer lemot juga. Lantaran tiap-tiap software pasti mempunyai ‘System Requirement’ minimum untuk di-instal serta jalan baik di computer.
Juga sebagai misal game ‘Pro Evolution Soccer 2014’ sistem requirement minimal yang saya saksikan di Systemrequirementslab. com,

  • CPU : Core 2 Duo @ 1. 8 GHz or Athlon II X2 240
  • RAM : 1 GB
  • OS : Windows Vista SP2/7 SP 1
  • Video Card : NVIDIA GeForce 6800 or ATI Radeon x1300 or Intel HD Graphics 2000 (512 MB VRAM)
  • Sound Card : Yes

Mungkin saja ada software yang dapat di-instal dengan ‘system requirement’ di bawahnya, tetapi itu memaksakan. Tujuannya mungkin di-instal namun apakah kemampuannya maksimal? Pengalaman pernah instal ‘Adobe Photoshop CS4’ pada computer dengan processor Intel Celeron B815 1. 6 GHz, RAM 2GB. Kemampuannya lambat serta saat meng-edit penampilan tiga dimensi tak maksimal, patah-patah.
Jadi, uninstall-lah software yang tidak cocok spesifikasi untuk menangani computer lemot.

10. Harddisk Bad Sector


Saat sebelum memberi dampak lebih jelek, ‘Bad Sector’ pada harddisk dapat juga mengakibatkan computer lemot/lambat. Sebagian masalah harddisk yang ada ‘bad sector’ masih tetap dapat diupayakan untuk diperbaiki.
Untuk tahu harddisk pada computer anda ada ‘bad sector’atau tak, dapat memakai tool Windows ‘CHKDSK’. Langkahnya, pada kolom isian ‘Run’ tulis “chkdsk”, lantas OK serta bakal nampak jendela dengan sistem penelusuran. Baca ”Cara Mengecek Harddisk”.

  • Atau lewat ‘Properties’ pada partisi harddisk, tentukan tab ‘Tools’, tentukan ‘Error-Checking’ dengan klik ‘Check Now’. Lalu tandai options…
  • ‘Automatically fix file sistem errors’
  • ‘Scan for and attempt recovery of bad sectors’

11. Upgrade hardware


Cara-cara menangani computer lemot atau lambat diatas mungkin saja tak memberi dampak yang sangatlah penting bila memanglah spesifikasi computer biasa-biasa saja. Terang, spesifikasi berbanding lurus dengan kecepatan kemampuannya. Makin tinggi makin baik. Jadi, berfikirlah realistis.

  • Kerjakan upgrade processor dengan memakai processor yang lebih tinggi spesifikasinya, Intel core i3, core i5, core i7, dst atau dari merk AMD.
  • Lebih RAM jadi semakin besar kemampuannya. Cermati juga jumlah slot yang ada pada computer.
  • Anda dapat memperhitungkan untuk ganti harddisk (HDD) dengan SSD (Solid State Drives). SSD mempunyai kekuatan lebih tinggi di banding harddisk umum, tetapi sayangnya harga SSD masih tetap tinggi.

Diluar itu, hardware computer yang telah termakan umur juga adalah pemicu computer lemot. Walaupun begitu, hardware mempunyai ketahanan dalam periode waktu spesifik. Serta tak ada langkah lain terkecuali menggantinya dengan hardware generasi teranyar juga sebagai langkah menangani computer lemot.
Giliran anda sekarang… Kerjakan penelusuran pada computer untuk mencari tahu pemicu computer lemot/lambat lalu cobalah praktekan langkah menangani computer lemot diatas. Saya mempraktekannya pada computer dengan system operasi Windows 7.

 

Harga Lenovo

Harga Android

Harga BlackBerry